KEKUATAN FOKUS


Boy Hadi Kurniawan

Pernahkah anda melihat setetes air yang terus menerus menetes ke sebuah batu besar?apa yang terjadi? Ya, air itu melubangi batu itu, persis ditempatnya menetes. Air yang lemah dan cair akhirnya mampu mengalahkan batu yang keras, kuat dan perkasa. Apakah sebabnya?Sekarang saya ingin bertanya lagi, pernahkah anda melihat sehelai kertas terbakar karena sinar matahari yang dihantarkan oleh sebuah kaca pembesar. Sinar matahari tidak akan mampu membakar kertas itu kalau dibiarkan begitu saja tanpa kaca pembesar. Atau pernahkah anda melihat bagaimana sinar laser mampu membelah besi, mampu membelah tubuh manusia, yang sering digunakan oleh dokter untuk operasi. Padahal sinar matahari yang energinya jutaan kali lebih besar tidak mampu melakukannya.
Lalu apakah sebabnya? Jawaban dari semua pertanyaan diatas hanya satu sebab, yaitu kekuatan focus. Air bisa menembus batu, karena dia focus setiap waktu, setiap saat menetes di batu yang kuat itu. Kaca pembesar bisa menyebabkan sinar matahari mampu membakar kertas, karena kaca pembesar memfokuskan energy sinar matahari sehingga menjadi kuat. Sedangkan sinar laser mampu membelah besi baja dan membelah tubuh manusia, juga karena sinar laser focus. Sedangkan sinar matahari yang dayanya lebih besar, tersebar kemana-mana, yang sesuai dengan fungsinya.
Oleh karena itu, kalau anda ingin mewujudkan impian anda. Kalau anda ingin mengalahkan semua halangan dan rintangan yang menghadang, kalau anda ingin menaklukan kegagalan jawabannya adalah fokuslah pada bidang yang anda sukai atau anda geluti sekarang ini. Mungkin diawal seakan keberhasilan itu jauh bagi anda, atau tantangan itu terlalu berat bagi anda. Akan tetapi jika terus menerus, dengan sabar dan tekun menggeluti bidang itu maka anda akan berhasil mengatasi semua rintangan. Anda akan mampu mengikis kegagalan yang menghadang langkah anda sampai akhirnya kegagalan itu menyerah menghambat langkah anda.
Focus berarti anda tidak mau berpaling dari impian dan cita-cita anda. Sangat mungkin dalam perjalanan menwujudkan impian tersebut, anda mengalami kegagalan demi kegagalan. Kemudian ada tawaran yang menggoda dari situasi dan keadaan di sekitar agar anda berpaling, karena seakan ada jalan lain yang lebih menjanjinkan dan memberikan rasa aman. Sebagai contoh, ketika anda bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Anda memulai usaha anda dari nol. Dalam perjalanan anda menemui kesulitan demi kesulitan, bahkan kerugian demi kerugian. Kemudian ada tawaran bagi anda untuk meninggalkan cita-cita anda sebagai pengusaha, yaitu dengan menjadi pegawai negeri, pegawai swasta ataupun orang gajian, yang menjanjikan rasa aman dan gaji yang tetap setiap bulannya.
Disaat itulah konsistensi dan keteguhan prinsip anda akan diuji. Manakah jalan yang anda pilih? Kalau anda tetap bertahan dan memutuskan untuk meneruskan langkah anda, maka anda sedang menghadirkan kekuatan focus pada diri anda. Akan tetapi jika anda berpaling, berarti anda telah dikalahkan dan anda tidak memiliki kekuatan focus.
Apa akibat kalau kita tidak focus?sebagai contoh ada seseorang yang berbisnis pada satu bidang. Kemudian bidang yang dia geluti sekarang belum berhasil dia jalankan. Tapi dia sudah berpaling pada bisnis yang lain. Begitu seterusnya, ketika melihat orang berhasil maka dia ingin pula mencoba bisnis itu. Akibatnya tidak satupun bisnis yang dia geluti berhasil. Seperti sinar matahari yang tadi kita contohkan, walaupun energinya sangat besar, namun karena tersebar keseluruh penjuru dunia, sinar matahari tidak punya kemampuan yang kuat untuk membakar.
Lalu bagaimana caranya menggunakan kekuatan focus ini untuk meraih impian kita? Jawabnnya adalah ; pertama, putuskan impian anda dan yakinkan diri anda tidak akan berpaling lagi. Kedua, pelajari terus hal-hal yang menentukan keberhasilan impian anda. Bisa dari buku, ataupun pengalaman orang-orang yang telah berhasil dan memiliki impian yang sama dengan anda. Ketiga, buatlah rencana aksi seputar impian tersebut. Keempat, ketika menghadapi kesulitan menembus batu karang penghalang impian anda, maka bersabarlah. Lakukan terus menerus, sedikit demi sedikit, setiap hari dengan konsisten. Maka lama kelamaan penghalang itu akan hancur. Kelima, munculkan berbagai ide kreatif dalam menghadapi tantangan tersebut. Jika tidak bisa dengan cara A, maka carilah cara B, cara C dan seterusnya. Jangan pernah berhenti berpikir. Jadilah orang yang berani mencoba, tapi tetap focus pada bidang yang bersangkutan. Kita tahu bahwa seseorang diberi gelar akademik seperti master atau doctor adalah orang yang memang spesialis dan ahli pada bidang yang bersangkutan. Keenam, setelah impian anda terwujud dengan kekuatan focus, maka anda boleh mengubah focus anda pada bidang yang lain, sampai berhasil pula, begitu seterusnya. Semoga kita sukses dengan kekuatan focus.

Tentang boyhadikurniawan

Seorang Trainer, Pembicara, Penulis dan Da'i
Pos ini dipublikasikan di Motivasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s