MENGATASI KEJENUHAN DAN LEMAH SEMANGAT


Oleh : Boy Hadi Kurniawan
Jangan tunggu bersemangat baru bertindak, bertindaklah maka anda akan bersemangat
Kadang dalam perjuangan menggapai tujuan hidup dan cita-cita, kita dihinggapi rasa jenuh dan keletihan. Kadang kita merasa fisik dan batin kita begitu lemah untuk memulai lagi langkah yang sudah kita canangkan. Kadang kita merasa letih terjebak dalam rutinitas harian kita. Semangat kita terasa tidak cukup kuat untuk memulai kerja lagi. Ditambah lagi dengan persoalan-persoalan hidup harian yang kita rasakan. Rencana yang belum berhasil, keluarga yang sakit, kendaraan yang rusak, dan permasalahan lainnya. Menambah daftar penghambat kita untuk kembali melangkah melanjutkan perjalanan menuju tujuan kita.
Tapi disinilah letak ujiannya. Semangat memang tidak selalu ada. Tubuh memang kadangkala merasa letih. Itu manusiawi saja sifatnya. Masalah hidup memang selalu ada. Tidak ada hidup tanpa ada masalah yang harus kita atasi dan hadapi. Tinggal bagaimana sikap kita menghadapinya.
Oleh karena itu ada beberapa kiat untuk mengatasi kejenuhan, keletihan dan kehilangan elan vital untuk kembali melangkah menuju impian kita :
Pertama, kembali bayangkan dan visualisasikan impian dan cita-cita anda tersebut. Bayangkan kebahagiaan, kenikmatan dan keindahan yang anda dapatkan ketika impian anda tercapai. Bayangkan dengan kuat, bahwa anda ingin menuju kesana, sehingga itu member energy kalau anda tidak bertindak hari ini maka semua bayangan kesuksesan itu hanya tinggal bayangan semata. Namun jika anda terus bekerja, bekerja, bertindak dan bertindak maka anda pasti insya Allah akan sampai kesana. Inilah The Power of Dream!
Kedua, saat ini filosofi, jangan tunggu semangat baru bekerja, bekerjalah maka anda akan semangat, akan sangat berguna untuk anda terapkan. Walaupun berat untuk memulai, tapi paksakan diri untuk memulai dan bertindak. Saat anda sudah memulai, akan terasa ringan sesudahnya, karena memang memulai itu yang berat. Ibarat batu penghalang jalan, kalau anda tidak pernah menyingkirkannya, maka jalan anda akan terus dihambatnya. Tapi kalau anda mau sedikit berkorban. Anda berhenti sejenak, kemudian mengerahkan tenaga untuk mengangkat dan menyingkirkan batu itu dari hadapan anda, maka setelah itu perjalanan anda akan kembali mulus menuju tujuan anda. Inilah The Power of Action!
Ketiga, visualisasikan dan bayangkan kesulitan dan penderitaan yang anda dapatkan ketika impian dan cita-cita anda tidak jua tercapai akibat anda memperturutkan kelemahan semangat dan rendahnya tekad dalam diri anda untuk bertindak. Bagaimana anda akan membahagiakan orang-orang yang anda cintai kalau anda belum juga berhasil menggapai cita-cita anda?.
Keempat, hadapilah masalah kehidupan ini dengan senyuman dan kesabaran. Anggaplah semua masalah hidup adalah pernak pernik yang akan menghiasi dada dan jiwa anda agar semakin indah. Jadikan masalah itu sebagai penempa diri dan pemacu semangat. Kaitkan masalah hidup yang anda alami dengan impian anda. Masalah ini muncul karena impian belum juga sampai ke puncaknya. Yakinlah masalah itu akan mendewasakan kita dan menguatkan hati kita untuk melangkah. Menempa hati dan jiwa kita berkali-kali sehingga dia semakin solid dan kuat. Jadi, hadapilah dengan senyuman, karena Allah swt telah berjanji dibalik kesulitan pasti akan ada kemudahan. Dibalik kesulitan selalu ada hikmah.
Kelima, sadarilah bahwa masalah hidup yang anda alami itu adalah akibat dari kelalaian dan kesalahan yang anda perbuat di hari yang lalu. Oleh karena itu bertanggung jawablah. Jangan banyak mengeluh, jangan putus asa, dan jangan menyalahkan siapapun. Bertanggung jawablah terhadap diri anda. Jadilah orang yang dewasa dan berjiwa besar, menerima kenyataan dan mau mengintrospeksi dan memperbaiki diri bahwa semua masalah terjadi karena sebuah sebab dan sebab itu mungkin karena kelalaian kita. Inilah The Power of Awareness and Responsibility
Keenam, kembangkan kreativitas anda. Lakukan hal-hal yang memicu semangat, jangan biarkan diri anda terjebak pada rutinitas yang membosankan. Dobraklah kebekuan rutinitas. Rubahlah dan warnai hari-hari anda dengan tindakan baru, ide baru, tantangan baru. Milikilah harapan. Maka itulah yang akan membuat hidup anda terasa lebih hidup. Tapi jika anda membiarkan diri anda terjebak rutinitas dan tidak mau melakukan perubahan maka anda akan terjebak pada kejenuhan dan rasa lelah. Inilah The Power of Creativity
Ketujuh, ingatlah diri anda, nasib anda, keadaan anda tidak akan berubah sebelum anda yang akan merubahnya. Kalau anda masih tetap melakukan hal yang sama setiap hari, maka anda tetap mendapatkan hasil yang sama juga setiap hari. Tapi jika anda mengubah hal yang anda lakukan setiap hari maka hasil yang anda dapatkan juga akan berubah. Maka rubahlah hal-hal yang selama ini anda lakukan. Cobalah evaluasi diri. Evaluasi tindakan anda. Apakah efektif atau tidak? Evaluasi penggunaan waktu anda. Apakah waktu anda sudah dioptimalkan atau masih banyak yang terbuang percuma. Lalu dari evaluasi itu lakukan perubahan dan perbaikan terhadap tindakan dan kebiasaan harian anda. Maka yakinlah hasil yang anda dapatkan akan berubah. Inilah The Power of Change
Kedelapan, hisaplah, dan hiruplah energy kehidupan dari ibadah-ibadah dan penyembahan yang anda lakukan kepada Allah swt. Rasakanlah dan hayatilah bahwa ibadah yang anda lakukan akan menyegarkan jiwa dan hati anda. Ibadah itu akan merefresh situasi jiwa anda kalau anda melakukannya dengan khusuk dan keikhlasan. Rasakan shalat subuh anda dipagi hari akan member kesegaran pada anda. Rasakan doa-doa dan zikir akan menenangkan kalbu anda, dan member semangat baru kepada anda. Inilah The Power of Spirituality and Prayer!
Kesembilan, fisik anda juga memiliki kebutuhan. Kebutuhannya adalah istirahat dan nutrisi yang cukup. Maka jika anda lelah tidurlah. Tapi jangan tidur siap subuh. Tidur sianglah atau Tidurlah lebih cepat dari biasanya. Jangan biasakan tidur lebih dari jam 11 malam, karena besok paginya akan membuat tubuh anda letih. Dan pemulihan dan penyegaran tubuh anda tidak akan sempurna. Karena menurut ilmu kesehatan waktu jam 11 malam, adalah bagi hati kita untuk meregenerasi dan membuang racun-racun dari tubuh kita. Jadi kalau kita sering tidur diatas jam 11 malam maka wajar fisik kita mudah terasa letih dan capek karena banyak racun yang menumpuk dalam tubuh kita.
Kesepuluh, jangan bebani diri dan pikiran anda dengan kerja-kerja yang berat walaupun anda bisa melakukannya. Lakukan hal-hal sederhana yang bisa anda lakukan. Mulai kerja dari yang mudah-mudah dulu. Ketika anda berhasil melakukan hal yang mudah, maka ini akan menambah kepercayaan dan semangat anda untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat lagi. John C Maxwell mengatakan kita tidak akan mampu melakukan hal-hal besar sebelum mampu melakukan hal-hal kecil dengan benar.
Kesebelas, lakukan relaksasi dengan mendengarkan music, membaca buku-buku humor atau sesekali menonton tayangan humor di tv (asalkan bukan humor yang jorok), karena tertawa itu mengaktifkan endorphin alami dalam otak kita yang memberikan rasa senang dan ketenangan. Tapi jangan tertawa terus, nanti dikira gila he,he. Music dapat menjadi energizer dan mengaktifkan otak kanan kita yang kreatif dan intuitif. Bisa juga dengan pergi jalan-jalan keluar rumah dengan keluarga atau teman anda, memakan makanan kesukaan anda atau melakukan olahraga favorit anda. Atau bisa juga dengan berselancar di internet misalnya bukalah facebook anda, sapalah teman-teman anda atau perbarui status anda. He,he maunya begitu. Tapi ingat jangan sampai waktu relaksasinya lebih lama dari waktu bekerjanya. Kalau begitu nanti kerja kita berubah menjadi relaksasi. Maka bisa dipastikan perjalanan anda menuju tujuan akan semakin relaks alias semakin lambat. Pepatah mengatakan ‘istirahat akan terasa nikmat, kalau kita sudah bekerja’. Tapi kalau kita tidak bekerja atau istirahat terus, maka justru istirahat akan menjadi penyakit bagi kita.
Oke, inilah beberapa tips dan kiat untuk mengatasi kejenuhan dan menurunnya semangat kerja kita, yang penulis telah mencobanya sendiri. Bagi yang saat ini merasa jenuh dan lemah semangat, semoga bermanfaat bagi kita semua. See You at The Top!!

Tentang boyhadikurniawan

Seorang Trainer, Pembicara, Penulis dan Da'i
Pos ini dipublikasikan di Motivasi. Tandai permalink.

2 Balasan ke MENGATASI KEJENUHAN DAN LEMAH SEMANGAT

  1. avnie zhu berkata:

    bagaimana caranya agar aku bisa mengaktualisasikan diri dengan sifatku yang pendiam dan pemalu ini, saya orangnya tertutup sekali dan sangat sulit mengekpresikan perasaan kepada oranglain dan canggung ketika berbicara dgn orang lain. Dan aku ingin sekali mengubah karakterku ini dan saat ini aku mengalami depresi berat karena aku tidak punya siapapun di dunia ini.

  2. Pitek berkata:

    Bismillahirrohmanirrohiim…
    La khaula wala kuwwata illa billah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s