PHYSICAL POWER TO GET REAL SUCCESS


Boy Hadi Kurniawan
Fisik adalah pelengkap sukses yang mahal. Kesehatan fisik tidak ternilai harganya dengan uang dan materi apapun didunia. Buktinya ketika sakit kita mau mengorbankan apa saja untuk memperoleh kesembuhan.
Stamina dan daya fisik sangat diperlukan dalam bekerja. Ketika fisik kita lemah maka kualitas dan produktivitas kerja kita akan sangat berpengaruh.
Meskipun kita memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual, jika kesehatan fisik kita lemah maka semua kecerdasan kita tadi tidak akan optimal, terganggu bahkan bisa hilang perannya untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan hidup kita.
Fisik kita ibarat wadah tempat menampung semua kecerdasan tadi. Jika wadah itu rusak atau bocor, maka isinya akan tumpah. Semua kecerdasan tadi tidak berfungsi dengan baik jika fisik kita lemah dan rusak. Misalnya kita ingin bekerja dan belajar sungguh-sungguh, tapi jika fisik kita lemah, loyo dan mudah lelah, kerja kita tidak akan maksimal dan belajarpun kita akan sulit berkonsentrasi.
Sebagaimana sebuah ungkapan mengatakan bahwa “Health is not everythings, but everythings without health is nothing”. Kesehatan memang bukan segalanya, namun segalanya tanpa kesehatan tidak akan ada artinya
Energy kita akan habis untuk mengobati dan memperbaiki fisik, karena selama ini kita mengabaikannnya dan sering merusaknya baik disadari atau tidak disadari
Padahal untuk menjaga fisik ini, prinsipnya adalah mencegah lebih baik dairpada mengobati.
Namun banyak orang yang terjebak dengan fisik yang merasa sehat. Sehingga mereka tidak mengantisipasi bahwa suatu saat jika fisik tidak dijaga dan dipelihara maka kondisinya akan menurun dan bahkan bisa rusak. Adakalanya kerusakan atau gangguan fisik itu bersifat ringan dan mudah serta cepat diobati. Namun jika gangguan itu tidak segera mendapatkan perbaikan maka gangguannya menjadi berat, sehingga sulit untuk diobati. Menjadi penyakit bawaan sampai seumur hidup. Maka kita harus waspada dan menjaga diri agar tidak terserang penyakit dalam kondisi yang parah. Misalnya penyakit seperti diabetes, jantung, ginjal, stroke, kanker
Fisik yang lemah dan tidak kuat maka daya tahannya akan menjadi lemah sehingga rentan terhadap penyakit.
Kesehatan dan kekuatan fisik kita memang sangat tergantung pada pola hidup, pola pikir, kondisi mental, emosi dan spiritual kita. Jadi antara kecerdasan fisik dengan kecerdasan lainnya sangat berhubungan erat dan saling mempengaruhi satu sama lainnya.
Kekuatan pikiran, kekuatan emosi dan spiritual akan timpang dan tidak seimbang jika kekuatan fisik kita lemah.
Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kekuatan fisik, agar mampu menunjang kita untuk bekerja dan mejalani aktivitas sehari-hari.
Hari ini kita melihat dan merasakan betapa banyaknya orang yang sakit dan meninggal dunia karena permasalahan kesehatan. Berbagai macam penyakit telah menghambat aktivitas manusia seperti diabetes, stroke, kanker, jantung dan lain-lain. Fisik yang semula sehat dan prima tiba-tiba tergolek lemah tak berdaya. Pupuslah semua cita-cita atau setidaknya terhambat untuk menggapai cita dan kerja yang selama ini telah direncanakan.
Pola hidup perkotaan yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu masalah kesehatan dan penyakit ini. Tingkat stress yang tinggi akibat beban kerja, konflik kerja, dan factor kepemimpinan membuat orang rawan terkena penyakit degenerative seperti darah tinggi, stroke dan jantung. Bertambah lagi dengan pola hidup yang tidak sehat sebagai pelarian dari stress seperti dengan makan berlebihan terutama makanan cepat saji. Dilanjutkan dengan aktivitas liburan dan refreshing yang tidak sehat seperti begadang malam di tempat hiburan malam yang identik dengan pergaulan bebas, minuman keras, narkoba, asap rokok telah menjadi pemicu utama penyakit mental dan fisik manusia. Sehingga banyaknya kasus, menurun drastisnya kesehatan di usia muda dan produktif. Bahkan meningkatnya kasus kematian di usia muda.
Kita tentu tidak menginginkan hal ini terjadi pada diri kita. Kita tentu menginginkan yang terbaik dalam hidup ini. Kesehatan adalah salah satu modal besar untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan hidup.
Oleh karena itu penting sekali untuk merubah pola hidup dan kebiasaan yang tidak sehat. Pola pikir, nutrisi, factor emosional dan kesehatan spiritual menjadi kunci utama untuk tidak terjerat pada permasalahan kesehatan dan kekuatan fisik ini.
Kita sangat membutuhkan fisik yang prima untuk menunjang berbagai aktivitas dan kesibukan kita sehari-hari. Tidak akan lengkap kekuatan dan kecerdasan manusia jika kita mengabaikan factor kesehatan dan kekuatan fisik ini. Lalu bagaimana caranya agar memiliki kesehatan dan kekuatan fisik yang prima sebagai penunjang utama kesuksesan kita?
Kunci kekuatan dan kesehatan fisik
Untuk memiliki kesehatan dan kekuatan fisik yang prima, ada beberapa kiatnya antara lain ;
1. Nutrisi yang cukup, sehat dan bergizi sesuai dengan kebutuhan kita akan vitamin, protein, karbohidrat, mineral, kalsium dan unsur-unsur lainnya. Setiap beraktivitas tubuh kita mengeluarkan energy dan menyerap zat-zat yang ada didalamnya. Oleh karena itu diperlukan penggantian secara rutin zat-zat tersebut. Jika tidak tubuh kita akan kekurangan dan kehilangan sumber dayanya. Jika kekurangan ini berlangsung lama maka akan terjadi ketidak seimbangan terhadap metabolism tubuh kita sehingga rawan terkena penyakit. Tubuh akan mudah letih, loyo, dan lemah ketika nutrisi yang memadai, sehat dan bergizi ini tidak terpenuhi setip harinya.
Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memilih makanan yang bergizi, terutama mengandung serat yang berasal dari sayur-sayuran hijau dan segar demi kelancaran metabolism tubuh kita dan fisik yang prima.
2. Menghindari makanan berbahaya, beresiko tinggi, mengandung zat addiktif dan radikal bebas ataupun seperti : berpengawet, pewarna, dan penyedap. Salah satu penyebab menumpuknya racun atau toksin dalam tubuh kita akibat memakan makanan yang berbahaya seperti mengandung zat pengawet seperti formalin, zat pewarna dan penyedap makanan yang mengandung MSG (mono sodium glutamate) yang dapat menjadi pemicu kanker karena mengandung karsinogen.
3. Mengendalikan nafsu makan berlebihan, dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang akan kita makan sesuai dengan usia dan kebutuhan. Makan berlebihan melebihi kebutuhan mengakibatkan kelebihan berat badan (over weight) atau obesitas (kegemukan). Hal ini menjadi pemicu penyakit diabetes, jantung dan stroke akibat penyumbatan pembulu darah. Oleh karena itu kita harus mampu menahan diri agar tidak berlebihan dalam makan. Disamping efeknya adalah kegemukan, maka dapat juga menyebabkan kondisi fisik terasa lemah, letih, loyo dan mudah mengantuk sehingga mempengaruhi produktivitas dan daya tahan kerja kita.
4. Olahraga secara teratur serta berkesinambungan dan disesuaikan dengan usia dan tahapan. Menurut Dr Kenneth dalam buku Anti Aging dan Detox, hasil studi memperlihatkan bahwa olahraga dapat melindungi jantung dan tulang, memperbaiki perasaan, istirahat dan ingatan, mengurangi risiko kematian premature dan memperpanjang hidup kita. Ralp Paffenbarger dari Universitas Stanford pada 1986 mengungkapkan hubungan langsung dan proporsional antara jumlah kalori yang dibakar perminggu dengan laju kematian.
Kesimpulannya, semakin banyak kalori yang dibakar semakin rendah laju kematiannya. Contohnya, mereka yang membakar 2.000 kalori perminggu dengan cara berjalan kaki sejauh 32 km bisa menghemat setengah tahun lanju kematiannya dibandingkan dengan yang duduk-duduk saja. Untuk 2 jam olahraga anda menambah umur 1 tahun dalam hidup.
Beberapa studi lain mengungkapkan bahwa latihan aerobic memperkuat hati, paru-paru dan otak. Latihan angkat besi dapat memperkuat tulang, mencegah osteoporosis dan memperkuat daya tahan tubuh jika dilakukan sejak usia muda. Robert marcus, Guru besar mengenai penuaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford menemukan olahraga jalan pada lansia membantu pengobatan osteoporosis.
Miriam Nelson dari Tuff University mengatakab olahraga 2 kali seminggu dapat menolong wanita yang sudah menopause memperoleh kekuatan, menghilangkan lemak, melangsingkan tubuh dan memperkuat tulang serta keseimbangan system syaraf tubuh.
Salah sati olahraga terbaik bagi kinerja jantung dan tubuh kita adalah berjalan kaki. Olahraga yang tidak membutuhkan biaya. Hanya membutuhkan kemauan dan kesungguhan kita untuk melakukannya. Begitu banyak manfaat jalan kaki ini bagi tubuh kita, seperti menghabiskan kolesterol, memperkuat otot-otot kaki dan memicu kinerja jantung tanpa memaksanya. Sehingga sangat cocok untuk para lansia.
5. Istirahat teratur. Tubuh kita ini ibarat mesin yang membutuhkan istirahat dan pendinginan. Namun luar biasanya tubuh ketika istirahat dia mampu melakukan regenerasi dan rekonstruksi ulang kondisi tubuh yang tidak stabil. Penting untuk dipahami regenerasi sel itu sangat efektif berjalan ketika tubuh dalam keadaan istirahat yang cukup dan sesuai dengan jumlah jamnya. Ketika kita kurang istirahat atau kurang tidur menurut Dr Kennet maka hal ini bisa mengganggu konsentrasi, daya ingat dan kreativitas. Sedangkan kelelahan yang muncul akibat kurang tidur dapat menimbulkan iritasi dan ketidak seimbangan emosi. Orang yang kurang tidur cenderung melemah daya tahan tubuhnya dan mudah terkena penyakit. Namun tidur perlu dijaga dan diatur waktunya. Tidur yang terbaik adalah dimalam hari antara jam 10 dan sebelum jam 12 malam. Karena pada waktu itu hati kita bekerja melakukan detoksifikasi secara alami. Oleh karena itu siapa yang sering bergadang dan tidur diatas jam 12 malam maka proses deotksifikasi ini tidak berjalan sehingga rawan terkena gangguan fungsi hati. Tidur dipagi hari sesudah shalat subuh, ternyata tidak sehat, karena waktu pagi digunakan oleh pencernaan kita untuk membuang racun yang ada dalam usus. Kalau kita tidur di pagi hari maka proses pembuangan racun ini tidak berjalan. Racun dan sisa makanan akan lebih lama bertahan dalam tubuh kita sehingga kita rawan terkena gangguan pencernaan.
6. Melakukan check kesehatan secara teratur. Aktivitas ini sangat penting kita lakukan untuk dapat mengetahui dan mendeteksi ketidak seimbangan atau kemungkinan penyakit yang kita hadapi sehingga bisa dicegah semenjak dini agar tidak semakin parah. Para ahli kesehatan menyarankan minimal sekali 6 bulan kita melakukan general check up atau cek kesehatan secara keseluruhan. Pada aktivitas ini kita dapat mengetahui tekanan darah, detak jantung, kadar kolesterol dalam darah, kadar gula darah, kondisi paru-paru, kondisi otak, kondisi ginjal, dan kondisi lainnya yang kita butuhkan dan sesuai rekomendasi dokter.
7. Menghindari pola hidup tidak sehat ; merokok, minuman keras, bergadang, dan pergaulan bebas. Penyebab kerusakan dan gangguan kesehatan adalah pola hidup dan kebiasaan yang tidak sehat. Terutama merokok. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru, jantung koroner, stroke, impotensi, gangguan janin kalau yang merokok adalah ibu hamil. Rokok mengandung ratusan zat dan racun yang berbahaya. Sehingga ½ dari pencandu rokok meninggal karena rokok. Minuman keras yang mengandung alcohol dapat menghilangkan kesadaran, merusak otak dan syaraf, menurunkan kekuatan mental, merusak hati dan limpa. Tingkat kecelakaan di jalan raya meningkat akibat mabuk dan minuman keras ketika mengemudi. Begadang malam menyebabkan tubuh kurang istirahat sehingga regenerasi sel tidak berjalan. Mengakibatkan fisik cepat tua, keletihan, menurunya vitalitas dan menjadi pemicu kanker hati. Pergaulan bebas menjadi pemicu penyakit menular seksual seperti sipilis, herpes, bahkan aids yang sampai hari ini belum ada obatnya yang menjamin kesembuhan si penderita. Oleh Karena itu pola hidup dan kebiasaan ini harus kita hindarkan dan kita jauhkan dari kehidupan kita kalau ingin sehat dan usia lebih panjang.
8. Oksigen dan pernafasan yang cukup. Oksigen sangat penting bagi kesehatan dan kekuatan tubuh kita. Menghirup udara yang kaya oksigen untuk menjaga kesehatan paru-paru. Oksigen sangat kita butuhkan untuk menjaga aliran darah dan mengantarkan nutrisi keseluruh bagian tubuh. Untuk pembakaran energy kita membutuhkan oksigen yang banyak. Kekurangan oksisgen dalam waktu yang singkat saja bagi otak kita sangat fatal akibatnya dan dapat merusak otak bahkan menyebabkan kematian. Semakin banyak kita menghirup oksigen maka akan semakin sehat tubuh kita. Bangun diwaktu subuh dan menghirup udara segarnya sangat bagus untuk kesehatan, karena oksigen diwaktu subuh adalah oksigen yang paling kaya. Berjalan kaki ke masjid di waktu subuh sangat baik untuk mendapatkan oksigen yang kaya. Berolahraga selesai subuh adalah kebiasaan yang sangat baik bagi kesehatan kita.
9. Minum air dengan cukup. Air adalah kebutuhan utama tubuh kita. Tanpa air tubuh akan dehidrasi dan kehilangan vitalitasnya. Dehidrasi dalam waktu lama dapat merusak ginjak dan menumpuk racun dalam tubuh. Salah satu fungsi air adalah membuang racun dari tubuh kita. Tubuh kita membutuhkan minimal 2 liter air dalam sehari. Air yang sehat dapat menjaga keseimbangan mineral dan ion tubuh. Kita perlu untuk memperbanyak minum air di waktu pagi hari dan mengurangi di waktu malam. Karena kita membutuhkan air disiang harinya akibat banyak pengeluaran keringat. Tubuh manusia didominasi oleh air. Bahkan menuru DR Masaru Emoto dari Jepang dalam The Hidden Message in Water mengatakan air bahkan mampu menangkap bahasa dan kata-kata manusia sehingga Kristal air akan berubah sesuai dengan bahasa dan kata yang diucapkan kepadanya. Seolah Kristal air itu mampu mendengar dan mengerti bahasa dan kata-kata manusia. Ketika diucapkan bahasa yang baik maka Kristal air akan berubah menjadi bentuk yang teratur, bercahaya dan indah. Sebaliknya jika mendengar bahasa, sikap dan kata negative, Kristal air berubah menjadi tidak beraturan dan bentuk yang jelek dan gelap. Jadi sangat penting bagi kita untuk mengucap kata-kata positif agar air yang berjumlah 80 % dalam tubuh kita juga bereaksi positif.
10. Menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan tempat kita beraktivitas dan bekerja sangat berpengaruh terhadap kesehatan, maupun situasi emosi dan kejiwaan kita. Lingkungan yang buruk yang terindikasi dari kurang terjaganya kebersihan, udara yang terpolusi, suara yang rebut, sirkulasi udara yang tidak lancer serta susunan ruangan yang tidak sedap dipandang mata serta tidak teratur dapat mempengaruhi situasi kejiwaan dan kesehatan penghuninya. Lingkungan yang kotor dapat menjadi sarana berkembangnya penyakit yang membahayakan kesehatan. Sebaliknya lingkungan yang bersih dan nyaman dapat membuat fisik dan jiwa menjadi sehat.
11. Menghindarkan diri dari obat-obatan keras dan narkoba. Ketika sakit kadang begitu mudahnya kita memakan obat-obatan kimia yang diresepkan oleh dokter. Padahal bagaimanapun setiap obat pasti memiliki efek samping. Sebaiknya kita menghindari obat-obatan yang mengandung bahan kimia dan mulai beralih kepada obat-obatan yang alami selagi kondisi penyakit kita tidak begitu parahnya. Bagaimanapun, mencegah datangnya penyakit itu lebih baik daripada mengobatinya. Apalagi jika menggunakan narkoba, tentu efek negatifnya lebih besar lagi. Narkoba dapat merusak fisik, syaraf dan mental manusia. Membuat manusia kecanduan dan menghilangkan akal sehat. Pengguna narkoba diberi kesenangan sesaat dengan menghancurkan secara perlahan tubuhnya sendiri, sehingga masa depannya menjadi suram. Pengguna narkoba akan berubah menjadi manusia lemah, represif dan agresif, kerusakan sarah pusat, merusak jantung, paru-paru, ginjal dan seluruh organ tubuh vitalnya. Paling fatal adalah sarana penularan penyakit aids. Mencegah narkoba adalah dengan tidak pernah mencobanya walau sekali saja, karena sekali mencoba akan mendatangkan kecanduan dan ketergantungan luar biasa.
12. Memiliki hubungan yang baik secara emosional dengan orang lain. Hubungan emosional yang sehat dengan sesame manusia akan menyebabkan kesehatan jiwa. Jiwa yang sehat akan mempengaruhi fisik untuk menjadi sehat. Sebaliknya jiwa dan emosi yang sakit akan mempengaruhi fisik juga menjadi sakit. Orang yang emosinya tidak terkendali sehingga mudah marah, rentan terkena penyakit darah tinggi dan jantung. Orang yang mudah cemas dan takut, juga rentan terkena penyakit jantung.
13. Memiliki kecerdasan spiritual : ketaatan beribadah, kepasrahan pada Tuhan dan berdoa. Kecerdasan spiritual terutama kedekatan dengan Allah swt, ketaatan beribadah dan berdoa dapat menjadi sarana penyejukan dan solusi bagi permasalahan kejiwaan maupun fisik manusia.
14. Senantiasa berpikir positif. Pikiran positif dapat mempengaruhi kesehatan jiwa dan fisik manusia. Pikiran positif dapat menimbulkan suasana hati dan situasi emosi yang juga positif, sehingga organ-organ tubuh seperti pernafasan menjadi tenang dan teratur, detak jantung menjadi stabil dan aliran darah menjadi lancar.
Pikiran positif juga melahirkan keyakinan, kepercayaan diri dan optimism yang mengakibatkan fisik terasa energik, semangat dan memiliki vitalitas. Sebaliknya pikiran negative yang memikirkan hal-hal buruk dan negative mengakibatkan emosi menjadi tidak stabil, jantung berdebar, aliran darah menjadi cepat, kepala sakit, wajah pucat, tubuh gemetaran, perut mulas dan berbagai reaksi fisik lainnya.
15. Menjadi orang yang ceria, tersenyum dan gembira. Sikap riang, ceria yang diiringi dengan senyuman dan tawa gembira dapat menyehatkan fisik manusia. Tertawa dapat meningkatkan hormone endorphin dalam otak yang memberikan rasa nikmat dan sensasi kenyamanan bagi manusia. Tertawa juga menyehatkan jantung. Bahkan salah satu terapi untuk mengobati sakit adalah dengan sikap ceria dan tertawa. Tawa, keceriaan dan senyuman juga dapat mencegah dan mengobati stress dan depresi.
Resep sehat dan kuat dengan Konsep WELLNESS
Kiat kekuatan dan kesehatan fisik diatas bisa disingkat dengan resep sederhana, yaitu WELLNES yang artinya sebagai berikut :
1. water, yaitu mengkonsumsi air dengan cukup karena manusia akan mati jika tidak minum air selama 3 hari dan mati jika tidak makan selama seminggu. Sekitar 80 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Artinya air lebih dibutuhkan dibandingkan makanan. Banyak minum air diwaktu pagi merupakan salah satu kiat sehat
2. environment, yaitu menjaga kebersihan lingkungan tempat kita bekerja dari sampah, bakteri, kotoran, maupun bunyi yang dapat menggangu penciuman, penglihatan maupun pendengaran kita.
3. life drug free, yaitu menjauhi dan tidak mencoba-coba memakai narkoba, obat-obatan keras dan minuman beralkohol
4. langue, yaitu menghirup udara dyang kaya oksigen dengan cukup dan menjaga pernafasan dengan olahraga
5. nutrition, yaitu mengkonsumi makanan bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia
6. exercise, yaitu melakukan latihan fisik dengan olahraga yang proportional dan teratur untuk menjaga kekuatan dan ketahanan tubuh
7. sleep, yaitu tidur dan istirahat yang cukup antara 7 -8 jam sehari, agar tubuh melakukan perbaikan sel dan jaringan yang rusak
8. social and spiritual balance yaitu bergaul dengan berinteraksi secara social dengan manusia. Kemudian melakukan ibadah dan mendekatkan diri secara spiritual kepada Allah swt untuk kesehatan jiwa yang sangat berhubungan dengan kesehatan fisik
Demikianlah penjelasan ringkas, pengaruh kesehatan dan kekuatan fisik dan terhadap tubuh kesuksesan dan kebahagiaan kita. Semoga kita dapat meraih sukses sejati dengan fisik dan tubuh yang sehat. Salam sukses sejati !!

Tentang boyhadikurniawan

Seorang Trainer, Pembicara, Penulis dan Da'i
Pos ini dipublikasikan di Motivasi. Tandai permalink.

4 Balasan ke PHYSICAL POWER TO GET REAL SUCCESS

  1. dealer pulsa berkata:

    Melakukan check kesehatan secara teratur. itu yang belum saya lakukan. semoga kedepan aku mulai mau chek. terima kasih

  2. komang adi berkata:

    pak Boy, bagaimana dengan sebuah penyakit yang disebabkan oleh hal-hal mistis, santet, teluh, dll.
    karena baegaimanapun juga, fenomena ini benar-benar ada. banyak yang meengatakan bahwa kekuatan sepiritual mampu menghalau penyakit jenis itu, tapi ada seorang yang memiliki spiritualitas cukup tinggi, namun masih mampu terkena penyakit seperti itu. dan penyakit yang disebabkan oleh hal-hal mistis seperti itu tidak mampu disembuhkan dengan dokter yang paling canggih sekalipun.

  3. vera vebiyanti berkata:

    JAKARTA 13 JUNI 2012
    Menurai pandangan Gus Har yang pernah mengatakan bahwa iklas itu terbagi dalam tujuh macam dalam tujuh sebagaimana katanya dalam diskusi tentang Islam percikan tasawuf .
    Iklas itu terbagi menjadi menjadi 7 diantaranya :
    1 Ikhlas fikiran.
    2) Ikhlas lisan
    3)Ikhlas qolbi
    4)Ikhlas Nafsu
    5) Ikhlas jasad
    6) Ikhlas Ruhnya
    7) Ikhlas billah penyatuan diri kehendak alloh.

    Sampai saat ini Gus Har yang saya juluki Ulama Sufi muda yang dapat maunah dari Alloh Swt.
    Belum pernah menjabarkan tentang ikhlas fikiran dan pelaksanaan nya.
    Tapi yang jelas saya sepakat kalau Ikhlas itu mempunyai tujuh maqom pada diri manusia. Dan pernah suatu ketika Gus Har atau Prof.DR. KH.Nanang Hariadi mengatakan pernah bermimpi ketemu Nabi Muhammad . Bagaiman menurut pandangan dan pendapat anda tetndang Mimpin gus har tersebut . ……? dan bagaiman jika ada orang membaca pusi doa sperti di bawah ini ….?

    DOA MANTRA UNTUK MU WAHAI ULAMA SUFI MUDA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI (GUS HAR)
    MENYALALAH DENGAN TERANG AURA TUBUHNYA KH.NANANG HARIADI KETUA UMUM DPP KOBUKI.
    1) TERBUKALAH DENGAN LEBAR DAN KUAT CAKRA SAHASRANANYA GUS HAR AJARAHAM DPP KOBUKI
    2) TERBUKALAH DENGAN LEBAR DAN KUAT CAKRA AJNA NYA KH.NANANG HARIADI (GUS HAR) PENGASUH PONPES BAMBU KUNING.
    3) TERBUKALAH DENGAN LEBAR DAN KUAT CAKRANYA VISUDOHINYA (GUS HAR) KH.NANANG HARIADI PEMBINA YAYASAN PONPES AL SADZLI.
    4) TERBUKALAH DENGAN LEBAR DAN KUAT CAKRA ANAHATTANYANYA NANANG HARIADI (GUS HAR) PENASEHAT YAYASAN AL SYAMSIYAH.
    5) TERBUKALAH DENGAN LEBAR DAN KUAT CAKRA SOLAR FLESUSNYA NANANG HARIADI KOMISARIS KOPI MENGKUDU.
    6) TERBUKALAH DENGAN LEBAR DAN KUAT CAKRA NABHINYA NANANG HARIADI (GUS HAR) DIREKTUR CV KARYA JAYA.
    7) TERBUKALAH DENGAN LEBAR DAN KUAT CAKRA SWASDISTAHNNYA NANANG HARIADI (GUS HAR) PENEMU HURUF ASEMOERA INDONESIA.
    8) TERBUKALAH DENGAN LEBAR DAN KUAT CAKRA MOOLADHAARA NYA NANAG HARIADI (GUS HAR) PENEMU HURUF JORAB.

    JAKARTA 12 JUNI 2012
    TTD
    VERA VEBIANTI
    NO TELP 087877607789

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s