JANGAN PERNAH MENYERAH


Oleh Boy Hadi Kurniawan

Direktur Consist ( Center for Empowerment Training and Strategic Studies)

Sebuah pelajaran yg luar biasa dalam sebuah video kisah nyata yg kita lihat. Sekelompok anak-anak yg berkompetisi dalam lomba tarik tarik tambang. Karena lawan nya kuat2. Mereka hampir berguguran dan bertumbangan,. melewati garis merah. Tapi ada satu orang anak diantara mereka, memilih untuk tidak menyerah. Walaupun dia terseret-seret, terjatuh dan tunggang langgang.

Dia terus berjuang sehingga memotivasi kawan2nya.Tim Mereka hampir kalah, tapi melihat spirit dan semangat juang kawannya yg satu ini, maka kawan2 yg lain yg awalnya sudah hampir menyerah bangkit kembali. Mereka menarik tali tambang itu bersama-sama. Dengan penuh perjuangan, akhirnya kemenangan berhasil mereka raih. Para hadirin yg menyaksikan video itu takjub dan berdecak kagum, dengan spirit perjuangan dan kemimpinan yg dimiliki oleh anak tadi.

Banyak Pelajaran luar biasa dari kisah ini antara lain :1. Jangan pernah menyerah walaupun anda berada di ujung kegagalan. berjuang lah sampai tetes keringat, tenaga bahkan darah yg terakhir. Karena bisa jadi disaat kritis dan genting itulah datangnya pertolongan Allah SWT. Munculnya keajaiban. Suatu hal yg tidak pernah anda duga sebelumnya.

2. Kegagalan, kesulitan dan permasalahan dibutuhkan oleh orang orang yang ingin sukses, karena masalah dan kesulitan itu akan menempa semangat nya, mentalnya, fisiknya untuk menjadi lebih kuat. Sebagaimana ungkapan pepatah. Pukulan yg tidak mematikan anda, akan menguatkan anda.

3. Anak ini memiliki bakat dan jiwa kepemimpinan yg besar. Beginilah contoh pemimpin sejati itu. Dia bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi kawan2 nya yg lain. Dia siap berkorban untuk orang-orang yg dipimpin nya. Dia memiliki tekad dan kemauan yg lebih kuat diantara kawan2 nya untuk mencapai tujuan dan impian mereka bersama. Itulah pemimpin sejati. Bukan dia yg duluan menyerah atau bukan dia yg justru pesimis dan mematikan impian orang lain.

Sebagaimana yg dicontohkan Rasulullah Saw saat perang Hunain dan perang Uhud disaat kritis dan genting ummat Islam nyaris kalah, tapi Rasulullah Saw dan beberapa sahabat yg setia terus berjuang tanpa menyerah, Sampai akhirnya mereka berhasil memukul mundur musuh, walaupun menderita luka-luka dan kerugian. Tapi disitulah letak pelajaran dan hikmah yg kita ambil. Bahwa jalan kemenangan dan kesuksesan itu penuh onak, duri dan membutuhkan pengorbanan yg luar biasa, harta bahkan jiwa raga.

4. Kemampuan luar biasa yg dimiliki oleh anak ini, tentu ada penyebabnya. Bisa jadi dari bakat nya sejak lahir. Namun tanpa didikan dan tempaan dari orang tuanya maupun guru2nya. Anak dalam video ini tidak mungkin memiliki fighting spirit seperti itu. Peran orang tua sangat besar pengaruh nya untuk membentuk sikap mental seorang anak. Jika si anak selalu dididik dengan kata-kata positif, dimotivasi agar tidak menyerah dalam kesulitan, maka jadilah dia anak yg tangguh. Jika si anak di ajarkan untuk mandiri dan percaya diri, maka dia akan tumbuh sebagai pribadi yg mandiri dan percaya diri. Begitu juga dengan peran seorang guru. Untuk memotivasi dan membentuk sikap mental dari murid-murid nya. Jika si guru justru sering mematahkan, melecehkan dan memarahi si murid maka akan lahirlah murid-murid yg minder dan tidak percaya diri.

Oleh karena itu kita sebagai orang tua dan guru semestinya berperan besar untuk membentuk sikap mental yg positif bagi anak-anak dan murid murid kita. Agar mereka tumbuh menjadi pribadi yg positif, hebat bahkan luar biasa.

Tentang boyhadikurniawan

Seorang Trainer, Motivator, Penulis dan Da'i
Pos ini dipublikasikan di Tidak Dikategorikan. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar