KEKUATAN KEBERSAMAAN DAN KEPEMIMPINAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN


Oleh Boy Hadi Kurniawan

Direktur Consist ( Center for Empowerment Training and Strategic Studies)

Untuk menghadapi masalah, apalagi itu masalah besar dan krusial, maka menghadapi nya secara bersama, jauh lebih baik daripada menghadapi nya sendirian. Karena dengan kebersamaan berbagai macam kelebihan dan potensi bisa di sinergikan menjadi kekuatan yg dahsyat untuk menghadapi tantangan.

Dalam sejarah ummat manusia, banyak masalah yg mustahil dihadapi sendirian akan bisa dihadapi bersama-sama. Rasulullah Saw telah menunjukkan bagaimana soliditas dan kebersamaan beliau dengan para sahabat melahirkan kekuatan besar untuk kemenangan dan kebangkitan ummat Islam. Sampai akhirnya semua musuh yg menghalangi Dakwah Islam bisa ditaklukkan. Banyak orang berbondong-bondong masuk Islam kemudian. Yang dahulunya memusuhi menjadi pendukung setia Nabi Saw. Begitu juga dengan nenek moyang dan founding father Bangsa Indonesia, bisa mengusir penjajah dengan kekuatan kebersamaan, walaupun para penjajah lebih kuat dari segi perlengkapan, teknologi dan persenjataannya.

Dalam film Finding Nemo, yaitu kisah sekumpulan ikan dilautan yg mereka sudah masuk dalam perangkap dan jaring nelayan, awalnya sebagian besar mereka yg masuk dalam perangkap itu sudah putus asa untuk berenang kian kemari melepaskan diri. Tapi tak kunjung jua bisa lepas. Lalu ada seekor ikan kecil, yg bernama Nemo, punya ide dan gagasan cerdas untuk menyelamatkan ikan2 itu termasuk saudaranya Dori yg juga terperangkap didalam jaring nelayan itu.

Nemo menyuruh seluruh ikan untuk berenang ke bawah berlawanan dengan arah tarikan jaring nelayan. Ternyata ide itu berhasil, perlahan-lahan mereka terus berjuang dengan kompak sesuai arahan dan instruksi Nemo berserta ayahnya, seluruh ikan serentak berenang ke bawah. Sampai akhir nya jaring nelayan itu putus, dan akhirnya mereka semua bebas dari jeratan yg hampir merenggut nyawanya kalau tidak mau kompak dan bekerja sama.

Pelajaran luar biasa dari kisah ini bahwa :1. Ketika menghadapi masalah maka kerjasama, kekompakan dan soliditas tim menjadi kunci untuk keluar dari masalah. Nemo mengajar kan pada kita bahwa Super Team jauh lebih baik daripada Super Man.

2. Ketika menghadapi masalah kita tidak boleh panik, tetap tenang untuk berpikir mencari ide dan gagasan cerdas agar dapat mengatasi masalah tersebut. Nemo seorang ikan kecil yg mungkin dianggap enteng oleh sebagian orang ternyata memiliki ide cerdas untuk menyelamatkan ikan2 yg lainnya dari perangkap jaring nelayan. Oleh karena itu jangan meremehkan orang lain yg mungkin kita anggap lebih kecil dari kita, karena bisa jadi walaupun dia kecil dia memiliki kelebihan yg tidak dimiliki yg lain yaitu ide yg Besar.

3. Kekuatan akal yg melahirkan ide dan gagasan ternyata lebih unggul daripada kekuatan fisik. Orang-orang yg dijuluki the creative minority yg awalnya ide mereka dianggap nyeleneh dan dipandang enteng yg akhirnya melakukan perubahan-perubahan besar pada dunia. Lahirnya Microsoft oleh Bill Gates, Facebook oleh Marck Zuckerberg dsbnya, adalah sebagian contoh orang yg punya ide2 besar menghadapi tantangan zaman, membaca kebutuhan hari ini dan masa depan. Nokia yg terlambat melakukan perubahan dan pembaharuan akhirnya hanya tinggal nama besar setelah bertahun-tahun berjaya di industri Phone Cell.

4. Penting nya Leadership yg kuat dan dipercaya oleh anggota timnya. sebagaimana yg dilakukan oleh Nemo dan ayah nya dengan menyuruh seluruh ikan untuk berenang ke bawah. Semua ikan itu mematuhi dan mengikuti arahan tersebut, sehingga mereka dapat menyelamatkan nyawanya dari jaring nelayan. Kalau tidak ada pemimpin yg mengarahkan mereka, atau tidak adanya satu komando, maka mereka hanya sibuk berenang kian kemari tak tentu arah. Akhirnya mustahil mereka bisa selamat. Sebaliknya kalaupun mereka sudah punya pemimpin yg memberikan arahan, kalau mereka tidak mau patuh maunya cari jalan sendiri sendiri maka mustahil mereka juga akan selamat.

Jadi pemimpin itu akan kuat jika diikuti oleh anggota yg menguatkan nya. Semoga kisah dan narasi singkat ini menjadi pelajaran bagi kita bersama di manapun berada..bahwa kekuatan tim, ide kreatif, dan kepemimpinan yg kuat menjadi solusi dalam menghadapi Masalah yg dihadapi oleh suatu komunitas atau organisasi. Semoga bermanfaat.

Tentang boyhadikurniawan

Seorang Trainer, Motivator, Penulis dan Da'i
Pos ini dipublikasikan di Tidak Dikategorikan. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar